Memilih Bimbingan Belajar

 

Memasuki tahun ajaran baru menjadi waktu yang tepat untuk menentukan sebuah bimbingan belajar (bimbel). Apalagi bagi siswa yang akan menginjak tahun terakhir di sekolah. Biasanya baik siswa maupun orang tua ingin agar waktu belajar menjadi ditambah. Tujuannya agar semakin fokus dalam menyiapkan ujian nasional dan juga persiapan untuk mengikuti berbagai tes sekolah kelanjutan.

Tipe Bimbingan Belajar

Seiring dengan mengikuti perkembangan gaya belajar siswa, maka bimbel tak lagi hanya di ruang kelas. Ada pula jenis bimbel online yang bisa dimanfaatkan kapan saja dan di mana saja. Beberapa perbandingan mendasar antara keduanya, yaitu:

1. Bimbel Online


(Sumber: ruangguru.com)

Siswa dapat memahami pelajaran di sekolah melalui perangkat teknologi seperti laptop dan ponsel. Sistem pembelajarannya bermacam-macam, salah satunya dengan menggunakan aplikasi belajar yang bisa diunduh secara gratis. Di dalam aplikasi tersebut memuat ribuan konten video belajar yang langsung dijelaskan oleh guru yang ahli di bidangnya. Selain itu, terdapat pula kuis soal-soal untuk menguji kemampuan diri serta hasil akhir berupa rapor online. Mau tahu beberapa contoh pembahasan soal-soal ujian ala Ruangguru? Klik di bawah ini.

asset-trik-un@3x

Pemilihan belajar online sangat tepat bagi siswa yang memiliki kegiatan padat di sekolah. Bisa pula menjadi opsi agar orang tua dapat lebih mudah mengontrol anak.

2. Bimbel Konvensional

Meski kini sudah banyak bermunculan bimbel online, namun bimbel konvensional juga masih tetap bertahan dengan beragam inovasi. Walau harus merogoh biaya yang lebih tinggi, namun masih banyak orang tua yang percaya bahwa kelas tatap muka akan jauh lebih membuat siswa menjadi fokus belajar. Belakangan juga, bimbel konvensional mulai merambah ke sesi konseling orang tua dan siswa dengan mengadakan seminar parenting.

Banyaknya pilihan bimbel kerap membuat siswa dan orang tua merasa bingung untuk menentukan mana yang paling tepat. Tentunya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain:

Biaya

Kisaran biaya mulai dari bimbel SD, bimbel SMP, dan bimbel SMA mempunyai rentang harga yang berbeda-beda. Namun secara umum kisarannya berada di angka sekitar Rp2 juta−Rp25 juta. Besaran biaya ini sangat ditentukan dengan masa belajar (sebulan/semester/setahun), durasi jam belajar, dan total jumlah pertemuan. Sangat direkomendasikan untuk memilih bimbel online karena harga yang jauh lebih terjangkau sebab tidak membutuhkan biaya operasional untuk ruang kelas dan transportasi menuju lokasi bimbel.

Fasilitas

Hal ini disebabkan oleh beragamnya bentuk fasilitas yang akan diterima siswa. Misalnya seperti modul, kenyamanan ruang kelas, tryout, konsultasi pelajaran di luar jam bimbel, bahkan sampai penyediaan tempat tinggal (camp). Besaran biaya juga dapat ditentukan dari lama durasi jam belajar serta jumlah pertemuan per minggu.

Kurikulum

Tidak semua bimbel berkualitas memiliki acuan kurikulum yang sama dengan sekolah. Apalagi saat ini, pendidikan di Indonesia menggunakan 3 kurikulum utama yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Kurikulum 2013, dan Kurikulum 2013 revisi. Jadi, sebelum memilih bimbingan belajar, perlu untuk melakukan riset terlebih dahulu agar dapat disesuaikan dengan acuan yang dipakai di sekolah. Untuk menengahi hal ini, Ruangguru pun menyediakan konten yang sesuai dengan ketiga kurikulum tersebut.

Alumni

Penilaian dari manfaat bimbingan belajar tidak terlepas dari hasil yang telah diperoleh alumninya. Para siswa dan orang tua tentu harus berusaha mencari tahu track record sebelumnya. Akan tetapi, bukan hanya sekadar melihat hasil akhir ujian saja. Melainkan juga bagaimana proses belajar-mengajar selama bimbingan berlangsung. Sebab, hal inilah yang sebenarnya dapat mempengaruhi semangat siswa untuk bisa berprestasi di sekolah.

 cover ebook UN SMP  Download E-book