Persiapan Ujian Nasional

 

(Sumber: talkypic.com/hashtag/tipetipe)

Setiap tahunnya, Ujian Nasional dilakukan secara serentak oleh murid tingkat akhir di seluruh wilayah Indonesia. Seringkali, Ujian Nasional menjadi momok tersendiri karena hasilnya akan menjadi syarat untuk siswa memasuki jenjang sekolah yang lebih tinggi. Maka dari itu, setiap siswa berlomba-lomba mempersiapkan diri untuk menghadapi Ujian Nasional. Mulai dari ikut belajar tambahan yang diadakan di sekolah, mengikuti bimbingan belajar usai sekolah, hingga belajar bersama guru privat di rumah. Semua usaha ini dilakukan agar setiap siswa siap menghadapi soal-soal saat Ujian Nasional.

Mata Pelajaran yang Diujikan

Untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) ada tiga mata pelajaran yang diujikan, yaitu:

  • 1. Bahasa Indonesia
  • 2. Matematika
  • 3. Ilmu Pengetahuan Alam

Untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) ada empat mata pelajaran yang diujiakan, yaitu:

  • 1. Bahasa Indonesia
  • 2. Bahasa Inggris
  • 3. Matematika
  • 4. Ilmu Pengetahuan Alam

Untuk tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) ada enam mata pelajaran yang diujikan, tergantung dengan penjurusannya:

Penjurusan Mata Pelajaran Utama Mata Pelajaran Karakteristik Penjurusan
IPA Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Matematika
Fisika, Kimia, Biologi
IPS Ekonomi, Geografi, Sosiologi
Bahasa Sastra Indonesia
Antropologi
Bahasa asing pilihan
Agama Ilmu Tafsir, Ilmu Hadist, dan Fiqih
  IPA IPS BAHASA AGAMA
Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Matematika
Fisika, Kimia, Biologi      
Ekonomi, Geografi, Sosiologi      
Sastra Indonesia
Antropologi
Bahasa Asing
     
Ilmu Tafsir
lmu Hadist
Fiqih
     

(Sumber: krjogja.com/web/news/read/63383/home3.html)

 

Tips Menghadapi Ujian Nasional

1. Membuat strategi

Dalam menghadapi Ujian Nasional dibutuhkan strategi tersendiri, karena mempelajari semua materi yang akan diujian tentu bukanlah hal yang mudah. Maka, ada beberapa trik yang dapat diterapkan, seperti membuat ringkasan, membuat jadwal belajar yang teratur, atau belajar secara berkelompok.

2. Mengikuti try out UN

Ujian Nasional di Indonesia menerapkan sistem pengerjaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Untuk berlatih sebelum menghadapinya, kamu bisa mengikuti try out UN yang serupa dengan mengerjakan UNBK yang sebenarnya. Selain itu, dengan mengikuti try out kamu juga bisa mengukur kemampuanmu dan mendapatkan pembahasan mendalam mengenai setiap soal yang diujikan.

3. Manajemen waktu yang baik

Soal yang ada dalam Ujian Nasional harus diselesaikan dalam waktu yang terbatas. Kadang, hal ini membuat beberapa peserta takut dan gugup saat menghadapinya. Hal ini dapat diatasi dengan manajemen waktu yang baik, seperti membagi maksimal 3 menit untuk mengerjakan tiap soal. Jangan lupa untuk mengerjakan soal mudah terlebih dahulu dan mengecek kembali semua jawaban sebelum meninggalkan ruangan.

4. Belajar secara online

(Sumber: edumor.com/blog/2018/03/17/5-tempat-belajar-un-dan-sbmptn-online-terbaik-di-indonesia-dijamin-lulus-100/)

Seringkali kita menemukan soal sulit tetapi tidak tahu harus bertanya tentang pembahasannya kepada siapa. Nah, di era teknologi seperti sekarang ini, kamu bisa mencoba untuk belajar UN secara online untuk menemukan jawaban atas soal sulit yang kamu temui. Selain lebih mudah, cara ini dapat menghemat waktu belajar.

5. Memahami kisi-kisi UN

Membaca seluruh materi di semua buku yang pernah dipelajari di sekolah tentunya tidak efektif. Sebaiknya, pahamilah Standar Kompetensi Lulusan (SKL) atau kisi-kisi UN untuk memudahkan proses belajar dan mengetahui materi apa saja yang harus dipelajari.

Mengapa Ujian Nasional Penting Dilaksanakan?

1. Mengetahui peta pendidikan Indonesia

Menurut Kabalitbang Kemendikbud, Khairil Anwar, UN dapat digunakan oleh pemerintah untuk mengetahui kondisi pendidikan di Indonesia saat ini secara menyeluruh. Sehingga, ke depannya akan membantu pemerintah dalam memperbaiki kualitas pendidikan.

2. Meningkatkan kemampuan siswa

Adanya uji kemampuan yang terstandarisasi seperti UN dapat dikatakan sebagai upaya meningkatkan kemampuan siswa. Selain itu, UN juga berfungsi sebagai bentuk rangkuman dari seluruh pengetahuan yang sudah didapat selama bersekolah.

3. Untuk masuk ke jenjang pendidikan selanjutnya

Nilai Ujian Nasional dapat mempengaruhi proses penerimaan siswa untuk jenjang selanjutnya. Seorang calon peserta didik harus memberikan hasil UN SD untuk mengikuti seleksi penerimaan SMP. Sementara, hasil UN SMP digunakan untuk proses masuk SMA. Walaupun kelulusan SMA dan penerimaan PTN (Perguruan Tinggi Negeri) tidak ditentukan oleh nilai UN, berbeda halnya dengan PTS. Kebanyakan PTS menerapkan beberapa jalur masuk dan salah satunya adalah melihat nilai di SMA. Untuk seleksi dengan nilai, biasanya PTS akan mempertimbangkan nilai rapor dan hasil Ujian Nasional.

4. Menjadi syarat beasiswa

Hasil UN juga dapat menjadi syarat dan pertimbangan untuk mendapatkan beasiswa, baik di dalam maupun luar negeri. Untuk berhasil bersaing mendapatkan beasiswa yang tentu sangat ketat, kamu harus mendapatkan nilai UN sebaik mungkin.

5. Bentuk evaluasi sekolah

Ujian Nasional dapat menjadi pengukur tingkat kognitif (pengetahuan) murid dan salah satu parameter keberhasilan mengajar para guru. Sekolah bisa mengetahui bagian apa saja yang harus ditingkatkan lagi untuk persiapan UN di tahun berikutnya.

Meski bukan penentu utama kelulusan, ujian nasional tetap harus dipersiapkan dengan matang ya. Sebenarnya ada beberapa topik soal yang sering muncul tiap tahunnya. Namun, ada saja yang terkecoh untuk memilih jawaban yang tepat. Tenang sekarang kamu bisa mempelajari tips mengerjakan soal-soal itu ala Ruangguru.

Cover Ebook UN SMP E-book UN SMP
   
Cover Ebook UN SMA E-book UN SMA